Thursday, August 9, 2012

Review: With You - Christian Simamora & Orizuka

Judul: With You
Penulis: Christian Simamora & Orizuka
Penerbit: GagasMedia
Tebal: 316 halaman
Tahun Terbit: 2012
Rating: 3,5/5
Paperback Synopsis:
365 hari dalam setahun,
24 jam dalam sehari.

di antara semua waktu yang kita punya,
kau sengaja memilih hari itu.

keluar dari mimpi indah,
lalu hadir dalam hidupku...

sebagai cinta yang selama ini aku tunggu.

.....

This is my first time reading Gagas Duet novel! Awalnya saya kira dalam novel ini, Christian Simamora dan Orizuka menuliskan cerita yang sama. Mungkin nulisnya gantian, entahlah. Makanya, saya pilih 'With You' sebagai novel Gagas Duet yang saya baca untuk pertama kali karena penasaran dengan karya kolaborasi tulisan dari Christian Simamora dan Orizuka, which is yang satu begitu blak-blakan, satunya lagi cenderung lebih kalem. Ternyataaa, novel ini terdiri dari dua cerita berbeda, nggak berkelanjutan. Tetapi, tema yang digunakan sama dan ada hubungan antara tokoh utama di kedua cerita tersebut.

'With You' diawali dengan kisah berjudul 'Cinderella Rockefella' yang ditulis oleh Christian Simamora. Cinderella Tan, atau yang biasa dipanggil Cindy, adalah seorang model papan atas Indonesia. Suatu hari, usai menjalani sebuah pemotretan, seorang cowok bernama Jere, yang merupakan seorang model juga, menghampirinya dan mengajaknya untuk dinner bersama. Meski awalnya bersikap jutek dan ketus, namun akhirnya ia mengiyakan ajakan Jere tersebut. Dan Cindy nggak menyesali keputusannya itu. Selama dinner berlangsung, pesona Jere yang begitu kuat berhasil membuat Cindy kagum dan luluh. Ia pun sadar bahwa hatinya telah jatuh pada cowok itu.

Sedangkan kisah kedua yang ditulis oleh Orizuka berjudul 'Sunrise', menceritakan tentang seorang gadis bernama Lyla yang secara tidak sengaja bertemu sang mantan padahal ia sedang dalam misi moving on. Bagi sepupu Cindy tersebut, melupakan segala kenangan yang terjadi selama empat tahun dengan Juna, mantan pacarnya, bukanlah hal yang mudah. Apalagi ketika alasan Juna memutuskannya adalah hanya karena mereka sudah terlalu lama bersama. Lyla pun akhirnya memutuskan untuk berangkat sendiri ke Karimun Jawa, demi usahanya membebaskan diri dari sosok dan kenangan akan Juna. Maka, pertemuannya dengan Juna di pulau itu membuat pertahanan Lyla goyah; bagaimana dirinya bisa melupakan Juna apabila cowok itu berada begitu dekat dengannya?

Sejujurnya saya menaruh harapan yang lumayan tinggi untuk buku ini, mengingat nama kedua penulis yang sudah cukup sering malang-melintang di dunia tulis-menulis. Dan, saya harus mengakui bahwa saya cukup puas dan menikmati pengalaman baru saya dalam membaca novel Gagas Duet 'With You' ini. Dua cerita berbeda, dua penulis, namun dengan tema yang sama dan masih saling berhubungan. Dalam novel ini, tema yang diangkat sudah tertera jelas di sampul depan: 'With You: Sehari Bersamamu', tentang bagaimana cinta terjadi hanya dalam satu hari. Dan menurut saya kedua cerita dalam buku ini sudah pas sekali dengan tema yang dipilih: Cindy yang menemukan prince charming-nya dalam satu hari saja dan bagaimana banyaknya hal yang terjadi dalam sehari membuat tekad Lyla untuk melupakan sang mantan menjadi goyah.

Yang hebat adalah penggambaran para karakter yang cukup kuat dalam buku ini, baik di 'Cinderella Rockefella' maupun 'Sunrise', meskipun kisah keduanya cukup singkat. But, since this book is contained of two different stories, written by two authors, then I can't help myself but compare them. Dan saya, personally, lebih menyukai 'Sunrise'. Menurut saya, kisah yang ditulis oleh Orizuka tersebut berhasil membuat perasaan saya terhanyut dan lebih sering membuat saya senyum-senyum sendiri. Bukannya saya terus jadi nggak suka sama 'Cinderella Rockefella' yang ditulis Christian Simamora. Tentu aja enggak. Kisahnya memang lebih fun dan blak-blakan, hanya aja, menurut saya karakter Cindy itu terlalu bitchy. Dan entah kenapa saya selalu kurang bisa menaruh simpati terhadap karakter semacam itu. Hehehe.

Cuma masalah selera aja sih ya menurut saya. Bagi yang belum pernah baca novel Gagas Duet terbitan GagasMedia, 'With You' karya Christian Simamora dan Orizuka pas banget untuk dijadikan pilihan pertama. Saya jadi ketagihan mau baca novel-novel Gagas Duet yang lain. Ihiy!

2 comments: