Friday, June 7, 2013

Review: Eleanor & Park - Rainbow Rowell

Judul: Eleanor & Park
Penulis: Rainbow Rowell
Penerbit: St. Martin's Griffin (E-book)
Tebal: 320 pages
Tahun Terbit: 2013
Rating: 4/5
Goodreads Synopsis:
"Bono met his wife in high school," Park says.
"So did Jerry Lee Lewis," Eleanor answers.
"I’m not kidding," he says.
"You should be," she says, "we’re sixteen."
"What about Romeo and Juliet?"
"Shallow, confused, then dead."
''I love you," Park says.
"Wherefore art thou," Eleanor answers.
"I’m not kidding," he says.
"You should be."

Set over the course of one school year in 1986, ELEANOR AND PARK is the story of two star-crossed misfits – smart enough to know that first love almost never lasts, but brave and desperate enough to try. When Eleanor meets Park, you’ll remember your own first love – and just how hard it pulled you under.
.....

Eleanor merupakan murid baru di sekolahnya. Ia berasal dari keluarga yang, bisa dibilang, broken home. Setelah bercerai dari ayah Eleanor, ibunya menikah lagi dengan seorang pria yang sayangnya tidak lebih baik dari ayah Eleanor. Ia bahkan mengusir Eleanor dari rumah, membuatnya tinggal bersama salah satu relatif keluarga mereka. Kini, setahun setelah kejadian tersebut, Eleanor kembali tinggal bersama ibunya, ayah tirinya dan empat saudaranya. Ketika ia pertama kali harus menaiki bus untuk sampai di sekolah barunya, hampir semua anak tidak mau memberikan tempat duduk baginya. Satu-satunya kursi yang tersisa adalah di sebelah Park, the stupid Asian kid – julukan yang diberikan Eleanor pada cowok itu. Park bukannya dengan senang hati rela membiarkan kursi kosong di sebelahnya terisi, apalagi oleh seorang cewek dengan rambut berwarna merah dan gaya berpakaian yang menurutnya begitu aneh. Bukan. Park hanya terpaksa melakukannya. Meski begitu, sebenarnya Park memperhatikan cewek itu, diam-diam membuat komentar-komentar yang disimpannya dalam hati.

Namun, karena intensitas pertemuan yang tinggi, duduk bersebelahan dengan jarak yang terpaut hanya enam inches di antara mereka, hubungan Park dan Eleanor pun berkembang dengan sendirinya, meski tidak mulus karena sifat tertutup Eleanor terhadap rahasia-rahasianya. Nah, hal tersebut lah yang sering kali bikin saya nggak bisa berhenti membaca novel ini. Cara Rainbow Rowell membangun hubungan dan chemistry di antara Park dan Eleanor terasa smooth banget, jadinya natural dan mengalir aja gitu. Dan penulisan yang dilakukan dengan menggunakan dua sudut pandang merupakan keputusan yang tepat. Saya jadi bisa lebih menyelami dan memahami perasaan mereka masing-masing; apa yang dipikirkan Eleanor terhadap Park, bagaimana perasaan Park terhadap Eleanor, dan sebagainya.

Sedangkan, mengenai karakter, sejujurnya saya merasa sedikit sebal dengan Eleanor. Bukannya saya iri atau gimana (well, a little bit, yes), tapi menurut saya, Eleanor terlalu insecure terhadap dirinya sendiri. Okay, I know she had family problems, kids at school making fun of her because she had red hair and dressed weirdly, but… come on! You could do better than that, Eleanor! Saya nggak membenci karakter Eleanor, kok. Sama sekali nggak. She’s a tough girl, though. Saya cuma pengen ia tau dan sadar bahwa ia jauh lebih baik dari yang ia pikirkan tentang dirinya sendiri, bahwa ia pantas untuk dicintai, baik oleh Park atau siapa pun.

Sedangkan Park…. he’s such a quiet, sweet and caring boy. Half Korean, dengan bola mata berwarna hijau dan rambut hitamnya. Saya suka bagaimana ia begitu peduli pada Eleanor dan tidak pernah menyerah terhadap cewek itu. Park tidak lagi peduli terhadap apa yang dikatakan keluarganya atau orang-orang di sekolahnya tentang Eleanor. Yang ia pedulikan, perhatikan, hanya Eleanor seorang. And those little things that he did to Eleanor…. Saya sampe jejeritan ketika membaca bagian-bagian yang mungkin terdengar sepele tapi bagi saya…. ampuuuuun, manis banget, seperti bagaimana Park sengaja membuka komiknya lebih lebar dan membalik halamannya lebih lama karena ia tau bahwa Eleanor ikut membacanya. Atau ketika Park meminjamkan walkman-nya dan mengenalkannya pada beberapa musik. God, my feeling!

Sayangnya, saya kurang begitu sreg dengan endingnya. Saya suka, sih, karena begitu realistis, tapi saya ngerasa kayak ada yang luput. Kayak ada satu keping puzzle yang hilang. Saya bahkan sempat membaca berulang-ulang bagian akhir buku ini, but, still, saya belum menemukan apa yang kayaknya hilang. Dan saya sendiri juga nggak tau apa yang hilang itu. Denger-denger, sih, Rainbow Rowell akan menulis sekuel dari “Eleanor & Park”. Semoga itu bukan cuma gosip, ya, karena saya masih ingin tau kelanjutan nasib Eleanor dan Park. I need more of them. I just do.

P.S: It feels really good to finally be able to write a book review again! Sebetulnya "Eleanor & Park" sudah selesai saya baca dari, kurang-lebih, sebulan yang lalu. Tapi karakter-karakternya seolah teriak-teriak dalam otak saya, minta untuk ditulis *halah*. Doakan bisa semakin rajin menulis di blog ini, ya! :)

85 comments:

  1. boleh minta ebook nya kak? :D

    ReplyDelete
  2. Sure! Alamat e-mail nya apa?

    ReplyDelete
  3. nukhbahsany26@yahoo.co.id
    makasih :D

    ReplyDelete
  4. toss, biru! aku juga review E & P untuk posbar romance.
    tapi beberapa poin aku beda sama kamu, aku suka ending E & P, itu ending paling wajar dengan karakter Eleanor yang insecure banget begitu.
    dan iya, rainbow sendiri yang bilang dy kepikiran untuk buat sekuel E & P. i dont want it to come out weird. I trust my imajination to give the continuation story of Eleanor & Park *lalu kedengeran sotoy -.-a*

    yeay, Park! *fangirling Park*

    ReplyDelete
  5. ahhh aku jadi penasaran sama buku ini :) pernah masuk ke Wishful Wednesday ku juga :)

    ReplyDelete
  6. Boleh minta ebooknya nggak kak :)

    ReplyDelete
  7. Halo, Tyar, maaf ya baru baca komennya. Boleh, alamat e-mail nya apa?

    ReplyDelete
  8. maaf baru bales kak :)
    pureit331@gmail.com
    makasih kak :)

    ReplyDelete
  9. Aku boleh minta ebooknya ? :) email aku soniafarahdiba@rocketmail.com makasih kak :)

    ReplyDelete
  10. Kami dari penerbit Phoenix telah menerbitkan Eleanor&Park dalam terjemahan bahasa Indonesia, Segera dapatkan ditoko buku terdekat.

    ReplyDelete
  11. wah boleh minta ebooknya ga? sempet baca beberapa review tentang buku ini, kayaknya menarik :) emailku fitrinoorp@gmail.com. makasih banyak yaa :D

    ReplyDelete
  12. Wah, minta ebook nya dong kak! Hehe. Emailnya FathinYasyf@gmail.com yaa. Makasih sebelumnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Sudah kukirimkan, ya. Selamat membaca! :)

      Delete
    2. Hi, kak...boleh minta ebooknya? :D
      azzahrahn@gmail.com
      Syukron ��

      Delete
  13. Halo, Biru? aku Dini aku lagi pingin banget baca buku Eleanor & Park, baca review kamu bikin aku tambah penasaran sama buku itu, tapi karena cover yang terjemahan bikin aku males untuk beli :(, dan beberapa komen juga katanya terjemahannya ngga terlalu bagus. Jadi aku mau mau minta ebooknya boleh. Ini alamat email aku deoktaviani@ymail.com
    Thank you so much :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Dini! Salam kenal, ya. Samaaaa, aku juga agak kecewa lihat cover terjemahannya di Gramedia kapan hari. Btw, I already sent the e-book to your email. Happy reading! :)

      Delete
    2. Hi:) boleh minta link ebooknya ga? Boleh sent ke alexishuang53@gmail.com thankss (:

      Delete
  14. boleh minta ebooknya? nanaalfonsa4@gmail.com thanks before:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry for the late reply. Already sent it to you, by the way. :)

      Delete
  15. Hai, Kak Biru. Reviewnya bikin makin penasaran sama buku satu ini. Aku boleh minta ebooknya kak? Ini email aku diah_028@yahoo.co.id . Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Diah. Sudah kukirim, ya, ebook-nya. Selamat membaca! :)

      Delete
  16. Biruu, boleh minta ebooknya? Ngebet mau baca nih.
    ajifathinside@gmail.com

    ReplyDelete
  17. boleh dikirim ga ke ebooknya eleanor n park ke goldsign28@gmail.com ? mkz :)

    ReplyDelete
  18. Boleh minta ebooknya ke desynikita@gmail.com? :)
    thanks

    ReplyDelete
  19. Hiiiii~ Is there a way you could send me your ebook please? My email: megaratnaipad@yahoo.com and thank you so much for all you do! xx

    ReplyDelete
  20. hallo boleh minta ebook nya, boleh dikirim ke sara.pratiwi@yahoo.com ? makasih :)

    ReplyDelete
  21. kak aku boleh minta ebooknya? kirim ke aneliiana@ymail.com ya kak terimakasih :)

    ReplyDelete
  22. kakaaaaaaak, boleh minta ebooknya? kirim ke dheaalfiola_92@yahoo.com yaa, terimakasih ;)

    ReplyDelete
  23. Hiii.. boleh minta ebook-nya? avianti_8@ymail.com yaa.. Bunch of thanks! :)

    ReplyDelete
  24. Hi, boleh minta dikirim ebook-nya? restuiput@gmail.com and is ur real name is Biru? I like it by the way.. blue was my fav colour. Thanks!

    ReplyDelete
  25. Halo kak! Boleh minta ebook nya? Aku tertarik sama ceritanya.. syaferayola@gmail.com
    Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  26. Hi, boleh minta e-book nya ke sfazhari@yahoo.com ?
    Thank you anyway :3

    ReplyDelete
  27. kak aku juga mau dong e-booknya, email aku ka.khairunnisa@gmail.com
    makasih ya kak

    ReplyDelete
  28. aku mau ebooknya juga dong ke deviranofikautami@gmail.com, makasii :)

    ReplyDelete
  29. Hii kak boleh minta ebooknya krismeeh@gmail.com

    ReplyDelete
  30. Hai kak! Boleh minta ebooknya? haalimaah@gmail.com. Terimakasih!

    ReplyDelete
  31. Hallo :)
    Ini english versionnya ada di Gramedia nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Gramedia memang jual beberapa buku Bahasa Inggris, tapi aku sama sekali belum pernah nemu Eleanor & Park yang english version di sana. Kalau terjemahannya, udah ada kok di Gramedia. Mending coba beli di Periplus, TGA Bookstore, atau toko buku online. :D

      Delete
    2. Hi thank you infonya.
      Btw aku boleh minta e-booknya juga ngga hihi. Kalau boleh email aku: nabillabaslam@gmail.com. Thank uuu :)

      Delete
  32. Hi kak Biru suka banget baca review2 dari Kakak. Abis baca ini jadi pengen baca Eleanor & Park deh. Boleh kirim ebooknya ke ncopiikim@gmail.com ya kak. Makasih

    ReplyDelete
  33. Kak boleh minta ebooknya kak?? Suka bgt sama reviewnya kakk. emailku boonabby@ymail.com hehe

    ReplyDelete
  34. suka sama reviewnya. boleh minta ebook ny? ke lucyangelisr@yahoo.com
    tks hun :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks for liking my review! :) Udah kukirim, ya!

      Delete
  35. Hi kak! mind to share the ebook? thank you in advance <3 paramitha.anggia@gmail.com

    ReplyDelete
  36. hai kak~!! liat review di twitter langsung tertarik, terus liat review kakak jadi makin penasaraaan>< tolong kirim ebooknya ke email aku juga ya kak septianiivana@gmail.com terimakasih kak^^

    ReplyDelete
  37. kak, boleh minta ebooknya? klo boleh tolong kirim ke silmilayalia@gmail.com ya kak makasih ya :)

    ReplyDelete
  38. kak, aku juga mau ebook nya dong kirim ke almabalais@gmail.com makasih kaak

    ReplyDelete
  39. boleh minta ebook nya ngga kak? kirim ke mentari.2710@gmail.com makasih banyak kak~

    ReplyDelete
  40. boleh minta ebooknya kak? email: tatyanajmi49@gmail.com makasih kakk:D

    ReplyDelete
  41. hai ka.. abis baca reviewnya jadi penasaran bgt baca lengkapnya. boleh minta ebooknya? kalo boleh tolong email ya za.thur@yahoo.co.id
    terima kasih banyak

    ReplyDelete
  42. Assalamu'alaikum, ka boleh minta ebooknya. email saya indrie.dij@gmail.com

    ReplyDelete
  43. Kak boleh minta ebooknya gak? kakaku nyari di setiap web gaada :(
    Ini alamat emailku larissaayu161@gmail.com

    ReplyDelete
  44. Kak boleh minta ebooknya? Ini emailku qthrnnada@gmail.com

    ReplyDelete
  45. Kak, boleh minta ebooknya, email saya di reddish.na03@gmail.com, terima kasih

    ReplyDelete
  46. hai kak boleh minta ebooknya?
    emailku ksantikahenny@gmail.com
    thank you :)

    ReplyDelete
  47. hai kak boleh minta ebooknya?
    emailku ksantikahenny@gmail.com
    thank you :)

    ReplyDelete
  48. wah baca review nya jd makin penasaran sama novel yg satu ini, udh nyari-nyari di toko buku tp gaketemu. boleh mnta e-book nya gak kak? soalnya pngen bgt baca tp ga ada trs di toko buku. email ku : claudiamishella@gmail.com

    ReplyDelete
  49. kak, boleh minta e-booknya ga? hehe emailku: rindiasmega@gmail.com
    makasih ka :)

    ReplyDelete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  51. hallo kak. boleh minta e-book nya?
    kemarin aku cari buku nya di gramedia udh sould out.
    email aku megasirait81@gmail.com

    ReplyDelete
  52. Boleh minta ebook nya gak kak? Kalo boleh tolong kirim ke putrindt@y7mail.com yaa makasih;)

    ReplyDelete
  53. Boleh minta ebook nya gak kak? Kalo boleh tolong kirim ke putrindt@y7mail.com yaa makasih;)

    ReplyDelete